Tabea Waya e Karapi!

Sastra for Minahasa Masa Depan!

Mengapa sastra (baca: tulisan)?

Sebab tulisan adalah bentuk kasat mata dari bahasa yang adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasa atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan (bahasa isyarat), dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat.


Kemudian: Mengapa pake Bahasa Manado? No kong kyapa dang?

Karena tak ada lagi bahasa lain yang menjadi 'lingua franca" di se-enteru Minahasa hari ini selain bahasa yang dulunya torang kenal juga sebagai "Melayu Manado".

Yang terutama adalah bahwa lewat sastra kita dapat kembali menjabarkan “Kebudayaan Minahasa” hari ini. Dengan menulis kita dapat kembali meluruskan benang kusut sejarah Bangsa Minahasa. Lalu, lewat tulisan, kita menggapai keabadian, io toh?



Tulisan Paling Baru

ini tong pe posting terbaru.

Puisi Greenhill Weol: " Enigma"

ENIGMA

Aku kehilanganmu

Di riuh koridor Mega Mal

Di dentam spiker Ha Ha

Di gemeretak bola Hi Q

Aku mencarimu

Aku kehilanganmu

Di rumit rak Hypermart

Di bentang sandang Remo

Di decap rasa Qua-Li

Aku mencarimu

Padahal aku pernah pegangi erat tanganmu

Ketika kau pertama kali melancong ke mari

Menelusuri lorong-lorong kota Touwulut ini

Saat itu kau takut-takut melangkah kaki

Padahal aku selalu lindungi tubuh rapuhmu

Menyimpan mata dari dunia:

Kau masih beselimutkan kabut!

Aku mencarimu

Padahal rasa-rasanya baru kemarin ini kita lalui

Sepiring sunset dan pisang goreng di tepian bulevard

Debu jalan dan panas siang menampar sadar

Trotoar dan ban mobil tak bisa bersekutu raga

Sementara seharusnya aku memelukmu dengan mantra

Tawaran se’ Wuri Muda:

Kau selamanya bertiraikan halimun!

Aku telah kehilangan mu...

Tapi dimana?

: Di dunia yang tidak mengalir dalam darah kita

Puisi-Puisi Arie Tulus: "Minahasa Raya, Hoi, Tomohon"

Minahasa Raya
Catatan dari sebuah diskusi.
1
semalam suntuk kami bedah isi perutmu
semalam suntuk kami jelajahi akar dan urat nadimu
semalam suntuk kami bengong menatap wajahmu
ya, bengong
tangan-tangan kaki-kaki mulut-mulut
kini kuasai dirimu
sampai jadi brudel potong-potong
lalu dimakan
demi kekenyangan
demi kegemukan
keluarga konco konco
sampai berak
di tembok-tembok
menara-menara mengkilap yang dibangunnya

saudara-saudara sebangsa tana aer Minahasa Raya
sekalipun tanah aer leluhur Toar Lumimuut ini
telah dikapling mereka
mengatasnamakan pemerataan
mengatasnamakan kesejahteraan
mengatasnamakan kemakmuran
Tomohon
Minsel
Minut
Mitra
dan Minahasa mekar lainnya
jangan pura-pura lupa
atau sengaja dikuburkan?
di Watu pinawetengan itu
tidak terukir sebuah amanat untuk saling melepaskan
bahwa kami tetap Minaesa.













2
Minahasa Raya
jubah-jubah yang
kau pakai ketika kawin
atas nama gereja dan pemerintah
sesungguhnya bukan punyamu
begitukah Minahasa?
atau sudah kau ambil jadi punyamu
atas nama kebudayaan?
sementara kepunyaanmu yang sebenarnya
kau biarkan cuma jadi cerita dalam seminar-seminar
hingga dibukukan menjadi kata mati?

saudara-saudara sebangsa tana aer Minahasa Raya
sekalipun dirimu telah masuk dizaman
manusia-manusia bisa pindah bernafas di bintang
pasar sudah telanjang diri
membeli dan menjual keinginannya
jangan pura-pura lupa
atau sengaja di lupakan?
bahwa kami punya jubah se kumaweng
lahir dari satu kesepakatan
khas ke-Minahasa-an mu.

2007



Hoi…


Sungguh mati

angin guntur bagimana basar batiop deng bataria

dari utara selatan timur barat

hoi…

dengar pa kita!

ngoni tau?

gunung klabat dua sudara

lokon empung tatawiran mahawu masarang soputan

nyanda mo rubu!


2007.

Tomohon


Biar ba ron sampe di dunia mana

nyak ada yang rupa ngana

nyak ada sayang

co ngana lia itu Lokon

co ngana lia itu Mahawu

ijo biru kanal cahaya matahari

co ngana lia kwa’

apalagi

ngana sampe dapa pigi

ngana sampe dapa nae

pa dia pe puncak

o dodo e

pe gaga skali ngana sayang

Manado

Klabat

Dua sudara

Bitung

Danau Tondano

Soputan

trus ka pante Amurang

ta sapu deng ngana pe mata

sampe tagoyang-goyang kapala

Tomohon

ta sayang pa ngana

mari

ba dekat kwak kamari

kong kase ngana pe talinga

dengar bae-bae ne?

‘Awas, jang sampe ada tangan-tangan saki hati

sengaja mo rabe-rabe

ngana pe muka’.

2005.

Puisi-Puisi Arie Tulus: "Minahasa Raya, Hoi, Tomohon"

Minahasa Raya
Catatan dari sebuah diskusi.
1
semalam suntuk kami bedah isi perutmu
semalam suntuk kami jelajahi akar dan urat nadimu
semalam suntuk kami bengong menatap wajahmu
ya, bengong
tangan-tangan kaki-kaki mulut-mulut
kini kuasai dirimu
sampai jadi brudel potong-potong
lalu dimakan
demi kekenyangan
demi kegemukan
keluarga konco konco
sampai berak
di tembok-tembok
menara-menara mengkilap yang dibangunnya

saudara-saudara sebangsa tana aer Minahasa Raya
sekalipun tanah aer leluhur Toar Lumimuut ini
telah dikapling mereka
mengatasnamakan pemerataan
mengatasnamakan kesejahteraan
mengatasnamakan kemakmuran
Tomohon
Minsel
Minut
Mitra
dan Minahasa mekar lainnya
jangan pura-pura lupa
atau sengaja dikuburkan?
di Watu pinawetengan itu
tidak terukir sebuah amanat untuk saling melepaskan
bahwa kami tetap Minaesa.













2
Minahasa Raya
jubah-jubah yang
kau pakai ketika kawin
atas nama gereja dan pemerintah
sesungguhnya bukan punyamu
begitukah Minahasa?
atau sudah kau ambil jadi punyamu
atas nama kebudayaan?
sementara kepunyaanmu yang sebenarnya
kau biarkan cuma jadi cerita dalam seminar-seminar
hingga dibukukan menjadi kata mati?

saudara-saudara sebangsa tana aer Minahasa Raya
sekalipun dirimu telah masuk dizaman
manusia-manusia bisa pindah bernafas di bintang
pasar sudah telanjang diri
membeli dan menjual keinginannya
jangan pura-pura lupa
atau sengaja di lupakan?
bahwa kami punya jubah se kumaweng
lahir dari satu kesepakatan
khas ke-Minahasa-an mu.

2007



Hoi…


Sungguh mati

angin guntur bagimana basar batiop deng bataria

dari utara selatan timur barat

hoi…

dengar pa kita!

ngoni tau?

gunung klabat dua sudara

lokon empung tatawiran mahawu masarang soputan

nyanda mo rubu!


2007.

Tomohon


Biar ba ron sampe di dunia mana

nyak ada yang rupa ngana

nyak ada sayang

co ngana lia itu Lokon

co ngana lia itu Mahawu

ijo biru kanal cahaya matahari

co ngana lia kwa’

apalagi

ngana sampe dapa pigi

ngana sampe dapa nae

pa dia pe puncak

o dodo e

pe gaga skali ngana sayang

Manado

Klabat

Dua sudara

Bitung

Danau Tondano

Soputan

trus ka pante Amurang

ta sapu deng ngana pe mata

sampe tagoyang-goyang kapala

Tomohon

ta sayang pa ngana

mari

ba dekat kwak kamari

kong kase ngana pe talinga

dengar bae-bae ne?

‘Awas, jang sampe ada tangan-tangan saki hati

sengaja mo rabe-rabe

ngana pe muka’.

2005.

Puisi-Puisi Jenry Koraag: "Minahasan Spirit, Malesung Tetap Fasung, Minahasan Nigthmare, ..."

MINAHASAN SPIRIT



kudaruju deng samua

kalo nda stuju torang momaju

kudapuki deng samua

kalo nda akui torang pe I.Q

kudacuki memang dorang

bapikir cuma deng doi

sampe so nintau diri

riki ilang jati diri.

tagal itu kita tulis puisi

for mo pui padorang

sampe deng tai tai

Jenry Koraag

(Februari 2007)


MALESUNG TETAP FASUNG



nda ada yang tagantong

kalo torang nyanda potong..

sapa yang mo malawang

kalo torang malawang

torang musti beking siang malang

Minaesa tetap tahang

sampe dorang mati deng bantahang

karna torang slalu usung,

malesung tetap fasung


Jenry Koraag

(Februari 2007)





MINAHASAN NIGHTMARE



Dong bilang Puyun ni’ Lumimuut pande – pande

ba skola tinggi – tinggi sampe so nintau diri

tu Stien riki so bicara deng tiga bahasa dunia,

di televisi deng radio pake lhu – gue supaya gaul

riki amper munta ubi

Dong bilang Puyun ni’ Lumimuut jago – jago

bergaul jo – jao sampe so lao sala

tu Ato manyanyi tarabe – rabe

limbiskit deng sex pistol jadi idola

Makaruyen kata pangge – pangge ujang

Dong bilang Puyun ni’ Lumimuut gaga – gaga

kuli ubu kupas sama deng miss univers

tu Pinkan badan ba bodi linca ba goyang,

diskotik deng pub jadi depe tampa tiap malang

kalu Maengket kwa so dulu – dulu

Dong bilang Puyun ni’ Lumimuut mantap – mantap

gergantang tabuka ceke apa yang ada

tu Hans ba smokol dunkin pake Kentucky,

biar ma’ repot pizza hut jaga gengsi

cucur deng bobengka kata beking saki puru

Jenry Koraag

April 2005



ALEGORI MAKATANA


Qta nyanda mo lupa

depe nama Minahasa

satu tampa rupa sorga

Empung da kase sebagai karunia

Qta nyanda mo lupa

depe nama Minahasa

tanah grui alam kaya

sampe – sampe banya yang jaja

Qta nyanda mo lupa

depe nama Minahasa

pulang kampong di gunung

abis ujang kong cuaca mendung

Qta nyanda mo lupa

depe nama Minahasa

kopi panas smokol ubi rubus

sambil dengar lagu koes plus

Qta nyanda mo lupa

depe nama Minahasa

om Dolop deng roda sapi

pulang kobong bawa kayu api

Qta nyanda mo lupa

depe nama Minahasa

tiap sore kumpul di bois

lia – lia wewene manis

Qta nyanda mo lupa

depe nama Minahasa

rame – rame baku tulung

mar nda ada yang mo cari untung

Jenry Koraag

April 2005

Cerpen Deni Pinontoan: "Baju Baru"

Pulang sekolah masih dengan seragam putih-merah Alo, bocah laki-laki 11 tahun langsung menuju ke dapur. Di sana ada mamanya yang sedang memasak nasi dan menggoreng ikan asin. Bukan karena bau ikan asin itu yang kebanyakan langsung membuat orang yang menciumnya merasa lapar, melainkan soal baju baru.

Baju baru memang menjadi topik percakapan Alo, Beni dan Inggrid juga murid-murid yang lain di sekolah waktu jam istirahat tadi. Beni memamerkan dalam ucapan-ucapannya soal kemeja dan celana baru yang dibeli oleh orang tuanya di Manado, ibu kota provinsi daerah mereka. Mulai dari soal harga, warna sampai bau baju baru itu dipamerkannya. Inggrid, juga tak mau ketinggalan. Inggrid si gadis cilik anak Pak Guru Matematika di sekolah itu, dengan segala kebanggannya menceritakan gaun merah mudanya yang baru dibeli di Mall di Manado. Sementara Alo, tak ada yang harus diceritakan. Ia belum membeli baju baru.

Mama Alo mengira anaknya itu ingin segera makan karena lapar. Tapi, bukan mengambil piring seperti biasanya kalau ia sudah lapar, melainkan langsung bermuka masam, sedikit minta dikasihani.

“Ma, Hari Natal tinggal 10 hari lagi,” ucap Alo.

Raut wajah serta gaya bicaranya minta diperhatikan. Tas sekolah Alo yang robek kecil di sisi samping belum juga dilepaskan dari punggung.

“Iya. Mama tahu. …Eh, sudah berapa kali mama bilang, kalau pulang sekolah langsung ganti pakaian! Baju sekolahmu cuma satu pasang. Kalau kena kotor, kamu tidak bisa ke sekolah!” kata Mama Alo sedikit membentak.

Habis berkata begitu Mama Alo meniup bara kayu bakar yang sedang membakar belanga goreng untuk menggoreng ikan asin. Sejak BBM naik, Mama Alo lebih memilih menggunakan kayu bakar untuk memasak.

“Ma…” kata Alo memelas.

“Ah! Alo, kamu dengar apa kata mama tadi? Pergi sana ganti baju!”

Alo tak beranjak dari tempat berdirinya. Ada sesuatu yang penting untuk disampaikan. Tapi rupanya mamanya tak langsung mengerti. Ia juga masih ragu untuk berterus terang.

Sementara di langit, awan hitam telah menutup wanua. Udara dingin mulai masuk sampai ke dapur yang berlantai tanah dan beratap rumbia itu. Kalau hujan, air biasanya menembus atap rumbia itu hingga ke tanah yang juga lantai hingga becek. Kalau sudah begini, Mama Alo menjadi sibuk untuk menutup lubang-lubang atap yang bocor.

“Ma, Beni dan Inggrid sudah punya baju baru untuk Natal,” ujar Alo sedikit ragu-ragu.

“Itu ‘kan mereka. Orang tua Beni dan Inggrid punya uang.” Cuma itu yang diucapkan oleh Mama Alo, kemudian meniup lagi bara kayu bakar.

Bara kayu bakar itu harus ditiup untuk menghasikan nyala api. Sejak Alo berada di dapur, mamanya sudah beberapa kali meniup bara kayu bakar itu. Kayu bakar Mama Alo agaknya tak terlalu kering. Maklum, setiap tahun sejak memasuki bulan September, biasanya hujan semakin sering turun membasahi alam.

“Ma, tahun lalu, Alo juga tak dibelikan baju baru. Tahun ini, bolehkah Alo dibelikan baju baru? Kalau ke gereja Hari Natal, cuma Alo yang tak pakai baju baru. Alo malu ma,” kata Alo memohon. Ia tetap di tempat ia berpijak. Tas sekolah tetap di punggungnya.

Ado kasing, Alo! Untung ngana masih bisa bersekolah. Itu sudah cukup. Jangan minta yang macam-macam. Apa yang diceritakan guru sekolah minggumu tentang cerita kelahiran Yesus? Baju baru tidak sama dengan Natal, Lo. Mangarti ngana?” jelas Mama Alo.

Setelah itu lagi-lagi ia sibuk dengan meniup bara kayu bakar yang nyala apinya hampir padam. Ikan asin yang digoreng belum juga matang. Sementara belanga yang berisi nasi, tinggal dipanggang menunggu matang.

“Iya ma, Alo tahu itu. Mar ma, malu ‘kan kalu cuma Alo yang tak pakai baju baru waktu Natal nanti.”

Air hujan akhirnya jadi juga turun dari langit. Padahal, Mama Alo belum selesai memasak. Dengan begitu, Mama Alo tak lagi meladeni anaknya berbicara soal baju baru. Ia harus menutup lubang-lubang atap rumbia yang menganga itu.

Hujan Desember turun begitu derasnya dengan tiba-tiba tak menghiraukan atap rumbia yang bocor. Untung, Mama Alo sudah sering melakukan tindakan menutup lubang atap rumbianya. Sehingga, air hujan tak sampai mengena bara kayu bakar yang sedang membakar belanga goreng yang berisi ikan asin dan belanga nasi yang sedang dipanggang. Meski memang, di bagian-bagian tertentu air hujan tetap menembusi atap rumbia dan mengenangi lantai tanah dapur. Alhasilnya, lantai tanah dapur menjadi becek sehingga sangat mengganggu aktivitas Mama Alo memasak.

Melihat mamanya sibuk menutup lubang-lubang atap rumbia, Alo pun beranjak dari dapur pergi ke kamar tidur. Alo tak mempunyai kamar tidur sendiri. Ia tidur dengan mamanya. Rumah mereka hanya terdiri dari satu kamar tidur, ruang tengah yang juga berfungsi ruang makan yang hanya dipisahkan oleh sekat terbuat dari tripleks dengan dapur. Atap kamar tidur dan ruang tengah rumah, baru beberapa bulan diganti dengan seng. Sebelumnya, sama dengan atap dapur menggunakan rumbia. Atap seng itupun adalah bantuan pemerintah desa untuk keluarga miskin.

Di kamar tidur, Alo dengan malas melepaskan tas dan pakaian sekolahnya. Sepatu hitam dan kaos kaki putih pemberian orang tua baptisnya tahun lalu menyusul belakangan setelah Alo duduk sejenak di ranjang memikirkan soal baju baru itu. Memandang sepasang sepatu dan kaos kaki yang hampir usang, Alo teringat orang tua baptisnya yang baik hati itu. Tapi sayang, kini mereka telah pindah ke kota lain untuk sesuatu hal. Tubuh bagian atas Alo masih telanjang ketika mamanya memanggil dari ruang tengah rumah untuk makan siang.

Meja makan yang juga berfungsi sebagai meja tamu dan meja belajar Alo terletak di ruang tengah ruangan itu, Di meja itu terhidang nasi sebaskom dan beberapa potong ikan asin goreng yang ditaruh di piring. Alo duduk menghadap meja makan kurang bersemangat. Alo duduk berhadapan dengan mamanya. Sebelum makan, Mama Alo memimpin doa.

Tampak sekali pikiran Alo sedang tidak di meja makan. Ia hanya mengambil beberapa sendok nasi dan sepotong ikan asin. Makanan itupun tak lahap dimakan Alo. Sementara mamanya, dengan lahap mengunyah nasi dan ikan asin. Barangkali karena lapar. Mama Alo tak pakai sendok, ia makan dengan menggunakan tangan.

“Ma, bagaimana dengan baju baru itu?” Alo mengulangi pembicaraan soal baju baru. Hanya satu dua kali ia menelan makanan. Sendok pun tak dipegangnya terus.

“Baju baru apa? ‘Kan mama sudah bilang. Jangan kau samakan antara baju baru dengan Natal. Nantilah, kalau mama ada uang lebih, kamu beli baju baru. Beli baju baru tak harus karena Natal,” ucap Mama Alo sambil memandang anaknya itu dengan wajah serius.

Alo memang baru kali ini sedikit berusaha meminta dibelikan baju baru. Ia tahu keadaan mamanya. Apalagi hidupnya, hanya bergantung sepenuhnya pada mamanya itu. Sejak papanya tewas tertimpa balok kayu ketika bekerja sebagai buruh bangunan di kota tiga tahun lalu, mamanya dengan susah payah mencukupi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Mamanya bekerja mencuci pakaian dan kadang-kadang memasak pada keluarga Pak Herman yang masih tergolong saudara dekat papanya. Seminggu sekali, setiap hari Kamis, ia juga dipanggil Tante Mari berjualan nasi kuning dan tinutuan di pasar. Sekedar Bantu-bantu. Meski pendapatannya pas-pasan, tapi dengan cara itulah mereka bisa bertahan hidup.

Di luar hujan yang deras telah cukup membasahi tanah halaman dan jalan wanua yang berlubang karena tidak pernah diaspal. Serumpun pohon pisang sepatu di samping kiri rumah Alo juga ikut basah. Lantai tanah dapur membentuk kubangan akibat air hujan yang menembusi atap rumbia yang bocor. Belanga nasi telah dipindahkan dekat meja makan. Di ruang tengah ibu dan anak itu aman dari air hujan Desember

“Alo tahu mama tak punya uang untuk beli baju baru.” Alo berkata dengan nada manja.

“Kalau kamu mengerti keadaan mamamu, jangan kau ulangi lagi soal baju baru itu. Yang penting masih ada baju yang layak di pakai untuk ke gereja. Masih ada kemeja dan celana pemberian Venly, anak Pak Herman. Cuci bersih dan itu saja yang kau pakai ke gereja hari Natal nanti.”

“Tapi ma, baju itu sudah sering Alo pakai ke gereja. Ma, bagaimana kalau mama pinjam uang saja pada Istri Pak Herman. Ia pasti beri.” Alo memberi usul

“Apa, pinjam uang? Ado kasiang Alo, mau diganti pakai apa? Kamu ini, masih kecil sudah berpikir pinjam uang. Kamu mau setelah Natal kita dikejar-kejar hutang? Dasar!”

“Tapi ma, kita ‘kan juga membutuhkan uang untuk membuat kue Natal. Sekalian saja uang yang dipinjam itu beli bahan-bahan untuk kue dan baju baru Alo.”

“Tidak! Sekali lagi tidak! Hari Natal nanti, kita seperti hari-hari biasa. Mama tak punya uang. Yang penting ke gereja dan beribadah. Titik! Itu saja sudah cukup. Jangan kau hiraukan apa kata teman-temanmu. Kita ke gereja bukan kepada teman atau orang lain, melainkan kepada Tuhan!” Mama Alo terpaksa membentak. Ia tak lagi mengunyah makanan. Ia hanya menatap dalam-dalam sisa makanan di piringnya.

“Ah, mama. Kalau tidak bisa, ya sudah.” Alo tak sampai memaksa. “Maafkan Alo, ma.”

Mama Alo tak menjawab. Ia buru-buru membereskan meja makan. Alo juga sudah selesai makan. Ia hanya makan sedikit. Sementara belum ada tanda-tanda hujan Desember berhenti. Atap seng yang terkena butiran air hujan mengeluarkan bunyi alam. Alo masih duduk terpaku menghadap meja makan.

Mama Alo telah menghilang dari meja makan. Selesai membereskan peralatan makan, Mama Alo ke kamar tidur. Alo tak tahu itu. Di dalam kamar, masih tetap berdiri, Mama Alo menatap foto suaminya yang dipajang dekat lemari pakaian. Gambar suaminya itu adalah pas foto hitam putih yang diperbesar. Hanya foto itu yang ada. Ia merabah foto itu. Bukan untuk membersihkan, melainkan seolah-olah untuk berkomunikasi. Terlihat bibir Mama Alo berkomat-kamit. Tak jelas apa yang diucapkannya. Yang tampak adalah satu dua titik air mata membasahi pipinya.

Bunyi atap seng akibat terkena butiran air hujan berirama kesedihan. Bunyi itu mengiringi keluhan yang sangat Mama Alo. Kalau saja si suami tak meninggal, pasti baju baru Alo untuk Hari Natal tak menjadi soal yang berat seperti ini. Itu menjadi soal, bukan karena baju baru tuntutan Alo berlebihan atau salah, melainkan karena ia memang tak punya uang lebih untuk itu.

Usia perempuan itu masih 38 tahun. Dia usia yang masih relatif muda itu, Mama Alo telah cukup merasa tersiksa dengan keadaannya yang miskin. Apalagi keluarganya telah menjauh dari kehidupannya setelah ia terpaksa memutuskan kawin dengan suaminya yang telah meninggal itu. Dengan berbagai alasan, keluarganya sangat tidak menyetujui perkawinan itu. Tapi apa boleh buat, perkawinan tak mungkin dibatalkan, cinta telah terlanjur menghasilkan bukti.

Bukti cinta itu adalah Alo. Sehingga, apapun caranya, mestinya Alo harus bahagia. Tapi, karena cinta pula, sehingga Mama Alo memilih jalan yang wajar untuk membahagiakan Alo. Kalau saja ia mau berselingkuh dengan Robi, pegawai di kantor kecamatan, pasti baju baru Alo tak menjadi soal yang berat. Tapi, itu tidak baik. Mama Alo lebih memilih bentuk kehidupannya seperti sekarang, miskin, ketimbang hidup kaya materi tapi berlumuran dosa.

Bunyi atap seng yang terkena butiran air hujan mulai berkurang. Hujan Desember mulai redah. Air mata Mama Alo tak lagi menetes. Meski kesedihan masih menyelimuti batinnya. Dilepaskannya foto hitam putih suaminya itu. Ia pun melangkah ke luar, ke ruang tengah rumah itu.

Di sana Alo duduk di depan pintu masuk rumah. Ia menatap ke luar, ke halaman rumah yang digenangi air hujan. Butiran-butiran air hujan yang tak lagi banyak, menggantikan tangisnya. Menangis bukan karena tak dibelikan baju baru, melainkan karena rasa bersalah. Alo menyesal telah membuat mamanya bersedih.

Bukankah mama tak boleh sedih. Ia mamaku. Ia kehidupanku. Ia pengharapanku. Maafkan aku ma. Oh, Tuhan, maafkan aku.

Dari arah belakang Alo, kira-kira dari jarak tiga meter, mamanya menatap Alo dalam keharuan.

Anakku, maafkan mama. Mama tak bisa membelikanmu baju baru. Tapi masa depan dan kehidupanmu, mama berjanji akan kau raih, bersama kasih mamamu.

Di luar, hujan Desember akhirnya benar-benar berhenti. Jalan wanua kini ramai lagi dengan lalu lalang para warga. Para tukang ojek, ke sana ke mari dengan sepeda motornya yang belum lunas dikredit.

untuk cinta dan kegigihan hidup seorang ibu

Tomohon, 13 Desember 2005

Cerpen Deni Pinontoan: "Merenung Tentang Ober"


Dulu, bagi Ober, begitu pemuda bergelar serjana teologi itu biasa disapa, kekuasaan dan kekayaan adalah setan yang menakutkan. Bagi Ober, sang aktivis mahasiswa kesiangan pasca 98, kekuasaan hanya berdampak pada peminggiran dan diskriminasi bagi rakyat kecil. Ia tahu betul itu, karena ia juga dari golongan masyarakat yang barangkali korban kekuasaan. Soal kekayaan, bagi Ober, adalah usaha tertinggi manusia yang bernafsu dengan harta duniawi.

Sebagai seorang yang berpendidikan teologi, ia lebih setuju kalau kekuasaan itu diserahkan saja kepada Sang Penguasa Langit dan Bumi, Tuhan barangkali maksudnya. Kalau kekayaan, menurutnya lebih baik kalau itu dianggap hak sepenuhnya dari Sang Maha Kaya, Tuhan lagi barangkali maksudnya. Manusia lebih baik hidup dalam kemiskinan yang menyakitkan agar, kata Ober, ia dapat menghayati bagaimana penderitaan itu sebagai konsekuensi menaati tradisi dan dokrin agama.

Tapi itu setahun yang lalu. Sekarang, si Ober telah berubah 180 derajat. Kini, ia menjadi pembela rezim yang dulunya ia tentang mati-matian karena kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat, katanya waktu itu. Dalam sebuah aksi, ia saya lihat berdiri pada posisi yang dulu ia tentang. Tapi yang memprihatinkan ketika isi orasinya, hampir sama dengan khotbahnya dulu ketika memimpin ibadah di suatu jemaat. Ada kata-kata: “keadilan,” “kebenaran” “kejujuran” dan sudah tentu ia meneriakan dengan suara yang menggelegar karena sound system yang digunakan cukup baik, kata “Tuhan”.

Cerita yang beredar, si Ober ternyata kini telah menduduki suatu jabatan bergengsi yang diberi oleh rezim penguasa itu. Setelah ia duduk di jabatan itu, tentu ia juga sudah bagian dari rezim itu. Orang yang tahu siapa Ober itu terheran-heran. Baru sekitar satu tahun menyandang gelar sarjana, belum punya pengalaman apa-apa terhadap kerja kini ia sudah punya jabatan.

“Saya baru sadar sekarang. Ternyata dengan idealisme saja tidak membuat saya bisa bertahan hidup. Soe Hok Gie, memang bisa tampil garang melawan ketidakadilan dengan idealismenya. Tapi, itu kan ketika ia masih mudah. Kira-kira 27 tahun usianya waktu itu. Juga karena dia memang hadir di zaman yang menuntut orang harus tampil dengan 100 persen idealis. Tapi coba dia hadir sekarang? Barangkali akan menjadi lain,” ujar Ober pada teman-teman lamanya sebagai aktivis yang bertanya tentang pendiriannya sekarang. Waktu itu di acara pelantikan pengurus baru sebuah partai berkuasa. Ober ternyata juga termasuk salah satu pengurus partai itu.

Aku menguping pembicaraan Ober dan teman-teman lamanya dari jarak kira-kira 1 meter. Mereka tak kenal siapa aku. Tapi aku mengenal Ober, setidak-tidaknya dari pernyataan-pernyataannya mengecam ketidakadilan waktu dulu, juga bicara-bicaranya di koran hampir setiap hari akhir-akhir ini. Aku memang orang tak terkenal. Pekerjaanku hanya sebagai Satpam di gedung tempat digelarnya acara partai besar itu.

Ober, yang aku lihat sekarang tidak seperti yang aku lihat di fotonya dulu, setahun yang lalu itu. Dulu, penampilannya memang khas aktivis mahasiswa. Foto yang aku lihat itu ditaruh di halaman depan sebuah koran lokal dengan tangan mengepal dan berteriak menuntut keadilan atas diskriminasi dan kejahatan yang dibuat rezim. Yang aku baca, Ober waktu itu bertindak sebagai Koordinator Lapangan dalam aksi yang melibatkan kurang lebih 500 mahasiswa.

Ober barangkali pertama sama dengan aku, sama-sama hanya sekedar mencari apa yang bisa diisi di perut. Tapi, antara satpam dengan sebagai pejabat apalagi ditambah juga pengurus partai, sudah tentu berbeda. Jenis pekerjaan dan jabatan sudah pasti menentukkan pendapatan. Tapi, yang aku lihat terakhir ini, yang Ober kejar bukan lagi pendapatan untuk makan sehari sampai seminggu. Ini, sudah berkembang pada usaha pencarian kedudukan demi kekuasaan. Siapapun tahu, kalau sudah sampai masuk ke wilayah politik praktis, yang dicari hanya dua, kekayaan dan kekuasaan. Kalau bekerja sebagai Satpam, bukannya membela diri, ya, paling hanya sekedar mempertahankan hidup di tengah kejamnya zaman.

Sebuah koran lokal, seminggu yang lalu menulis tentang profil Ober dengan segala prestasi dan prestisenya. Ober memang masih muda. Kalau saya taksir, kira-kira usianya antara 27 atau 28 tahun. Pantas saja, kalau kekritisannya semasa mahasiswa menjadi incaran rezim berkuasa. Tulisan di koran lokal itu menceritakan juga bagaimana menderitanya kehidupan Ober semasa kecil. Seorang anak yatim yang dibesarkan dengan penuh kekurangan. Ternyata itulah yang membuat Ober bangkit dan bergerak melawan kenyataan hidup yang menderita. “Hidup harus diperjuangkan,” begitu tulis koran lokal itu mengutip ungkapan Ober.

“Ini juga kan bicara strategi. Menundukkan orang yang berpotensi menjadi pemberontak dengan cara memberi kedudukan dengan iming-iming kekayaan adalah cara yang sering ditempuh oleh rezim berkuasa, siapapun rezim itu, “ begitu komentar komandan Satpamku ketika kami membahas tulisan mengenai Ober itu.

“Tapi ini juga soal nurani manusia. Banyak orang yang tak bisa bertahan menghadapi godaan kekayaan dan kekuasaan. Meski dulu lantang berteriak keadilan dan kebenaran, tapi pada saat-saat tertentu pendiriannya bisa berubah secara drastis,” ujarku.

Merenung tentang profil seorang Ober, aku mendapatkan sebuah pengetahuan. Bahwa, hidup ini belum berhenti dan ternyata memang warna-warni. Ternyata, aliran hidup ini macam-macam cabangnya. Ada yang mengalir menuju ke suatu arah yang mendamaikan meski dipenuhi dengan bebatuan. Ada yang sedang mengalir menuju kehancuran dengan kegemerlapan dan kemudahan hidup. Tapi ada juga yang alirannya dipenuhi bebatuan dan kadang-kadang bergantian dengan kegemerlapan hidup, tapi tujuan akhirnya penuh dengan kerahasiaan. Aku sedang berusaha mencari tahu, hidupku sebagai Satpam sedang mengarah ke mana.

Uh, hidup… hidup… Itulah hidup. Aku baru tahu sekarang, kira-kira dua minggu dari merenung itu, Ober kini telah masuk bui. Ia terbukti menggelapkan uang milik rakyat. Ober, ternyata koruptor. Ini yang komandanku duga sejak Ober menjadi bagian rezim itu.

Tomohon, 26 April 2007

Puisi-Puisi Christian Lumenta: Cowboy Texas vs Cowboy Tompaso, ... "

COWBOY TEXAS

VS

COWBOY TOMPASO

KALO DI FELM TEXAS RANGER

ITU KOBAOI BAKU-BAKU BUNUNG

SE TUNJUNG GAYA,KONG BAKU LAJU TANGAN

DI ATAS KUDA BAKU DUSU DENG INDIAN

TOPI LEBAR SALALU JADI ANDALAN

CAPATU BOOTS NEMBOLE LUPA

SUPAYA MACO NDA TAKURANG

SADIKI BEDA DENG KOBOI TOMPASO

BIAR SAMA DI GAYA TOPI LEBAR DI ATAS KUDA

CAPATU BOOTS SADIKI TUA MAR KOBOI TOMPASO BATAMANG DENG INDIAN SONDER

CUNA KOMANG DEPE SLEK ITU KUDA SO JADI KUDA CUKI




NATAL SKARANG I

TENG….TENG….TENG…

HO………HO……..HO……

BLEP....BLEP…..BLEP…..

AUH……AUH……AUH……

.

PSEK….PSEK…..PSEK…..

NIU……NIU….…NIU………


NATAL SKARANG II

KUKIS ? HARUS

BAJU BARU ? WAJIB

MODE ? SO PASTI…!

MIRAS ? TENTU

PARTY ? YOO…!!

SANTA CLOUS ? GAYA DONK

GREJA ? HAA……??

HATI’’’’’’’’’’’’? ???


SAJAK HARI INI SAJA

SOBATKU,

HARI ESOK MILIKMU YANG KAU BENTUK DARI TEKUK JEMARIMU SAAT AGUNG DIRIMU MENGANGKAT BARANG PELABUHAN

JIKA KERINGATMU BERCAMPUR LAUTAN HAUS ANAK ISTRIMU TERBAYAR LUNAS UNTUK PAGI YANG MENYAMBUT EMBUN JIKA TUBUHMU TERCECER MENUTUP BAJA.

LAPAR ANAK ISTRIMU TERSUDAH UNTUK SENJA YANG KEMBALI DILEMBAH BISU DIMANA KAU MENULIS TENTANG ESOK




Surat manguni I:

Salam

Tabea putra bumi!

Malambae anak langit!

Kuberi salam dari sebuah negri

Kabar suci tentang peradaban

Tentang angin yang merdeka

Tentang pohon yang bergurau

Dan tentang semua yang hilang dibawa badai

Dengar wahai semua yang mendengar:

Bawa kembali semua itu

Kalau tak mau mati di paruh malam!



Surat manguni II:

Hantu burung hantu

Aku kembali, aku datang!

Untuk mencabut nyawa

Untuk mencari raga

Aku kembali, aku datang!

Membawa gelap membawa hitam

Membawa mendung membawa kerudung

Aku kembali, aku datang!

Menitip miris dan tangis

Memberi luka dan duka

Aku kembali, aku datang!

Untuk kalian yang telah menyalibkanku!


Surat manguni III:

IKRAR BURUNG HANTU

DARI AWAN-AWAN KU TERAWANG

DALAM GELAP KU MEMANDANG RICUH RIUH,TELINGAKU MENANTANG GARIS DARAH KU BENTANG

PERANG TAK LAGI ASING

LIUR DAN HARI TERUS BERTARUNG UNTUK TANAH ANAK-ANAK SULUNG YANG KIAN TERPASUNG

I YAYAT U SANTI !!!

JIKA KAU BERSEDIA BERPERANG KAN KUBERIKAN PEDANG DAN DARAHKU KAN MENGALIR

DI KEHIDUPANMU YANG BERPUTAR


Puisi-Puisi Jenry Koraag: "Mawale"

MAWALE

aku ingin pulang

tapi bukan kepada batu

karena batu tak mampu mengisahkan

segala kisah tentang sejarah

aku ingin pulang

tapi bukan kepada pohon

karena pohon tak bisa tuturkan

liku jalanan panjang cermin lalu

aku ingin pulang

tapi bukan kepada gunung

karena gunung hanya diam

tak dapat cerahkan coretan alam.

Aku harus pulang

kembali ke pangkuanmu

dimana ibu selalu menjaga

dengan cerminan yang tak akan retak

membawa aku di tengah sodara

bermain dan menyanyi

sebagai bagian cerita alam.

Aku ingin pulang

dengan membawa kegetiran

untukku rajut pada dinding rumah

dan kupaku pada tiang sejarah

bahwa kemarin telah usai

tanpa bekas.

Aku ingin pulang

dan membangun rumah hati

di antara gunung dan pohon

di atas batu moyangku

sebagai awal hari

sisa dari perjalanan ini.

Puisi-Puisi Rickson Karundeng: "Kerinduan, Mimpi Buruk, Harapan, ... "

Kerinduan

Dari puncak Kasendukan sepasang mata bening terpaku tak berkedip

Dari mata itu terpancar kekaguman yang terbungkus keharuan

Dari kelopak matanya terlihat hamparan sawah yang luas

Warna tanah sawah itu jawaban kesuburannya

Lontoh, Supit, Paat….Stin Adam, Paul Pinontoan...Sam Ratulangi, M. Maramis….

Mereka tumbuh dari petak yang sama

Tarian mereka sempat membuat jutaan mata terpana

Tepukan mereka sempat membuat jutaan jantung terhenti sejenak

Di puncak kasendukan mata bening itu mulai basah

Sebab tanah subur itu sepertinya tak subur lagi

Ada apa dengan tanah itu ?

Mungkinkah air tak cukup lagi membasahinya ?

Mungkinkan benih yang ditabur tak unggul lagi ?

Atau ada yang salah dengan pemeliharaannya ?

Mungkin juga benih itu terlalu bodoh hingga mengoyak tubuhnya sendiri

Seketika mata bening itu menari perlahan

Entah tarian perpisahan bagi sebuah kenangan indah

Atau itu sebuah tarian harap bagi tanah itu.

Mimpi Buruk

Negeri apa ini ?

Negeri mimpikah ?

Mimpi buruk bagi yang tak beralas kaki

Tak bisa menyentuh halaman sekolah karena pakaiannya compag-camping

Tak bisa menyentuh pena sebab tak punya kuasa untuk meraihnya

Tak bisa mendekati istana kesehatan karena wajah mereka kusam

Tak bisa divisum karena kuman tubuhnya bisa merusak alat cek up

Ya, sehat dan pintar hanyalah sebuah mimpi bagi penghuni dunia bawah

Negeri apa ini ?

Negeri dongengkah ?

Menampilkan pemeran utama, sutradara dan sekenario seorang saja

Pemeran utama yang rakus

sutradara yang mau berteriak sesuka hati

sekenario seenak perut

dan yang lain hanya figuran

Ya, panggung luas ini mungkin miliknya

Negeri apa ini ?

Negeri mimpi atau negeri dongeng ?

Mimpi mengasikkan dari para monster

Dongeng kengerian bagi yang terhimpit

Menangislah ….menangislah sebab ini mungkin bukan negerimu

Harapan

Dengan kalbu terjepit kuhendak mengakhiri hari itu

Walau berat kugerakan kaki yang penuh beban

Menuju pembaringan yang semakin jauh saat kudekati

Angin berhembus menyemarakkan kesuraman malam itu

Mengorek sampai ke dasar sendi tulangku

Seakan terus menyedot liur yang tersisa

Lambaian dedaunan seakan menyindirku

Dan sindiran itu tepat memukul bagian perutku

Ia meronta sebab hari itu hampir tak ku belai sedikitpun

Ia memang tak bisa memahami seperti kalbuku

Yang setia memelukku walau ia tercekik

Nafasku yang tersengal terlepas dari sekat penghalangnya

Ketika mendapat kiriman berita dari mataku

Pembaringan telah siap menanti

Saat kasur kusam memelukku

Kupikir rantai tubuh dan jiwa yang mengikat bisa kulepas

Ternyata ia mau terus mengusikku

Malam semakin pekat

Aku benar-benar ingin melepas rantai itu

Tenggelam bersama mimpi

Sambil berharap

besok lahan yang dikais orang tuaku segera berbuah

dan topi sarjana bisa menghibur peluh mereka

Semikin erat kupajam mataku

dan coba mengabaikan otak yang menginterupsi

untuk sabar dan realistis

semakin ia mengganggu

semakin ku berusaha tenggelam dalam mimpi dan impian

kalbu menghibur

biarlah wajah hari esok berbeda dari wajahnya hari ini.

Wajah Mereka

Pagi itu kuingat……

Rumengan menyambut mentari dengan senyuman

Sambil menyapa Lokon yang masih terlelap

“Kau tampak gagah seperti kemarin”

Sambil tersenyum Lokon menyambut sapaan itu

Dalam kalbu ia berdecak kagum

“Pagi ini kau bangai pangeran berjubah embun”

Di sendangan…..

Kelabat menyapa Dua Sudara

“Elok persaudaraanmu seirama kedamaianmu”

Dengan bangga Dua Sudara menyambut sapaan itu

Dalam kalbu mereka berdecak kagum

“Oh…kelabat kau putri berjubah hijau pujaan kami,

Jika senja menanti mahkota putih menambah keindahanmu”

Ketika senja tiba……

Lolombulan menyapa Soputan yang berambut hijau lebat

Dengan lembut Soputan membalas

“Tidurlah cantik dalam kedamaianmu”

Pagi ini……

Mentari sepertinya enggan menampakkan wajahnya

Entah sedih atau takut melihat kenyataan

Pagi ini Rumengan tampak muram

Lokon tampak pucat

Dua sudara seperti saling berpaling

Kelabat kini bebaju kusam

Rambut Soputan mulai rontok

Dan sore ini Lolombulan tak lagi terlelap dalam kedamaian

Kerakusan telah menelan keceriaan mereka

Keogoisan mengabaikan rintihan mereka

Bersama mereka berucap

“Nantikanlah kesedihan kami menggumpal menjadi kegeraman”

Perjuangan

Dari dunia jauh

Kita turun ke dalam lembah perjuangan ini

Bumi berlari mengiringi perjalanan kita

Perlahan-lahan mata terbuka

Hingga kita mengenal tempat yang kita pijak

Di sana-sini bertaburan berjuta mutiara

Jauh di dasar laut, dalam lembah yang dalam

Dan di atas bukit-bukit terjal

Setapak demi setapak mengayunkan langkah

Untuk menemukan dimana milik kita

Kadang letih

Tergelincir dan terluka

Kalbu tertunduk

Membiarkannya mengapung di antara gelombang

Badai dan gelombang kadang menghalangi

Darah dan keringat turut mewarnai

Haruskah kita menutup lembaran ini dengan goresan hitam ?

Masih banyak tinta emas tersedia

Menanti setiap kaisan langkah kita

Puisi-Puisi Everhard Lumenta: "Cingke, Gargantang Gunung, Dara, ... "

C I N G K E

Cingke nae harga

Lonte tatawa cina

Cingke lagi panen

Tole mabo sadap

Cingke dua karong

Keke bli kalong

Cingke taambor-ambor

Nyong cuci tangan deng Bir

Cingke tafiaro-fiaro

Broer pe kolestrol nae

Cingke abis . . .

Tole deng Keke bahaga

Koperasi bahura !!

mar’07


GARGANTANG GUNUNG

Samua sadap

Sampe bulu dorang makang

Tikus

Anjing

Paniki

Ular

Babi, mo tanya leh ?!

Dorang Sikat !

Memang katu

Kalo so di blanga

So ikyang ityu !!

Biar cuma se pidis

Se ilang anyer

Asal ada seho !

mar’07

D A R A

Malaikat turun ke Bumi

Segerombolan datang ke Tomohon

Sekompi ke Tondano

Sebatalyon ke Manado

Tugas istimewa menanti

Melindungi karya surga !!

Kecantikan

Kemolekan

Kepolosan

Dara Minahasa

Kini . . . Malaikat Letih

Sang Dara melarikan diri

Tanah Lumimuut ditinggal

Sorong jadi saksi

Karya Surga dikomersilkan

mar’07


M A N G U N I T R I P

Smokol ubi di kinilow

Makang siang di Tinoor

Malam dapa makang gratis

Ada orang kaweng di Sonder

Amper pagi mabo di Leilem

Lusa

So di I C U Bethesda !

mar’07